Home » » Mengambil emas di Barang elektronik

Mengambil emas di Barang elektronik

Ternyata di alat-alat elektronik kita banyak kandungan emas murninya lho!! Nah apabila anda mempunyai komputer bekas dan tidak dapat digunakan lagi jangan cepat-cepat anda jual ke loak atau dibuang begitu saja, karena ternyata didalam komputer terutama pada motherboard menyimpan komponen-komponen yang seperti emas murni. Disini saya akan berikan tutorial cara menambang emas dari komputer.
Tutorial ini saya dapat dari "lughot" dan di share ulang karena sangat bermanfaat sekali sebagai lahan bisnis dan supaya anda juga mengetahuinya kalau didalam komputer atau handphone/ponsel banyak terdapat emas. Yuk kita simak bagaimana menjadikan komputer bekas sebagai tambang emas.




Tutorial menambang emas pada motherboard komputer : 

Emas banyak terdapat di dalam motherboard, IDE connectors, PCI Express slot, PCI, AGP, ISA, dan other ports, jumper pins, the processor socket, and DIMM (SIMM on older motherboards) slots.

Tahap pertama dari eksperimen ini untuk mengambil pin dan konektor, gunakan tang japit-potong, cutter, obeng, gemuk (oli padat/silicon grease) dan dibutuhkan banyak pin2 dan konektor dari motherboard tersebut.


Peralatan yang digunakan


Untuk mengambil beberapa mikrogram gram yg terdapat pada pins, gunakan pengisi batterai aki. Bak ini mengandung 95% asam sulfur. Katoda di pin(timah) dan anoda nya adalah tembaga. Pin dan konektor di taruh di tembaga anoda, yg berbentuk sperti sendok.


Dengan mengalirkan arus listrik, tembaga akan terlepas dari sisi anoda dan terkumpul di sekitar pin katoda. Emas akan terkelupas dari tembaga, membentuk sedimen di dasar bak. Awas temperatur akan meningkat tajam dari proses ini



Kemudian buang asam sulfur nya ke segelas air dan jangan sebaliknya.setelah selesai tuangkan ke gelas lain dan filter kertas sebagai penyaring, isi gelas tersebut adalah campuran asam belerang 35% dan klorin pemutih (sodium hypochlorite) 5% proporsinya adalah 2:1 yaitu 2 HCl + NaClO => Cl2 + NaCl + H2O. Kenyataannya, klorin yg dihasilkan dengan asam belerang dan pemutih klorin adalah yg akan melarutkan emas ke bentuk emas (III) klorida


Hati-hati untuk menuangkan asam ke dalam air, dan bukan sebaliknya, jika salah melakukannya, pertama tetesan air yang menyentuh permukaan asam sulfat akan segera menguap dan dapat menyebabkan percikan asam. jadi tuang asam ke air dan bukan air tuang ke dalam larutan asam. Reaksi sangat eksotermik dan menghasilkan klorin, gas yang sangat berbahaya.





Filter lagi ke gelas yg kosong


Untuk mengambil logam emas, kita perlu mengendapkan emas tersebut. Untuk itu, gunakan bubuk sodium metabisulfat. Dengan larutan air, sodium metabisulfat menghasilkam sodium bisulfat



Na2S2O5 + H2O => 2 NaHSO3
Sodium bisulfat ini yg akan membuat emas mengendap



3 NaHSO3 + 2 AuCl3 + 3 H2O => 3 NaHSO4 + 6 HCl + 2 Au
Sekarang, yg kita butuhkan adalah melebur bubuk dalam crucible(tempat melebur logam)



Titik lebur emas adalah 1064C, jadi dengan api dari oxy-butane (gas butana) akan beres.

Lihat hasilnya :

Peringatan :
Semua bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya sekali dan jangan dilakukan di dalam rumah. Lakukan dengan bimbingan orang yang lebih mahir.


video cara mendulang emas di komputer

Share this article :

1 comments:

Popular Posts

 
Support : Copyright © 2013. Namawebku - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger